Sistem Pelaporan Pelanggan (Whistleblowing System)

PT Sembrani Finance Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan akuntabilitas dalam aktivitas usahanya dan menciptakan iklim usaha yang kondusif, Perusahaan membuat sebuah sistem pengawasan yang efisien dan efektif yang melibatkan seluruh lapisan Perusahaan dalam fungsi pengawasannya. Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System) dibuat untuk memungkinkan setiap individu dapat melaporkan situasi yang berhubungan dengan dugaan pelanggaran, penipuan, transaksi tidak pantas atau penyalahgunaan wewenang di lingkungan Perusahaan.

Dengan melibatkan seluruh lapisan di Perusahaan dan juga mitra bisnis, Perusahaan percaya bahwa sistem ini dapat meningkatkan ketaatan dan kepatuhan setiap individu terhadap peraturan yang ada dan mendorong tumbuhnya budaya beretika tinggi dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pihak internal dan eksternal.

Mekanisme Whistleblowing System
Tindakan atau bentuk pelanggaran yang dapat dilaporkan meliputi antara lain penipuan, korupsi, pencurian/penggelapan, pelanggaran/penyalahgunaan kebijakan Perusahaan, perusakan aset, pemberian gratifikasi, konflik kepentingan, kecurangan, penyuapan, dan bentuk tindakan lainnya yang merugikan Perusahaan.
Penyampaian pelaporan dugaan tindak pelanggaran dapat dilakukan melalui email, hotline atau surat yang ditujukan kepada Internal Audit Head Office.
Setiap pelaporan akan masuk ke dalam tahap identifikasi dan pengumpulan bukti kebenaran laporan tersebut. Jika terbukti pelanggaran itu benar terjadi maka Perusahaan berhak mengambil tindakan kepada pihak yang dilaporkan untuk mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

Pelapor sekurangnya harus dapat menjelaskan:
– Apa yang terjadi (what)
– Waktu dan Tanggal kejadian (when)
– Kantor Cabang/Lokasi tempat kejadian (where)
– Siapa/Pihak yang terlibat/ terlapor (who)
– Bagaimana terjadinya (how)
– Kronologi kejadian
– Bukti-bukti atas kejadian yang dilaporkan

Perlindungan Bagi Pelapor
Perusahaan memberikan jaminan perlindungan kepada pelapor beserta keluarganya dari setiap ancaman dan tekanan. Identitas pelapor dirahasiakan untuk menghindari hal tersebut.

Penanganan Pelaporan
Setiap laporan pelanggaran yang diterima akan ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan pengumpulan alat bukti yang kemudian untuk dilaporkan kepada Direksi untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan dan pencegahan sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku.

Kirimkan laporan Anda melalui saluran pelaporan berikut ini kepada:

Internal Audit & Anti Fraud Department melalui:

Surat Pos

CARRO Square, Jl.Sultan Iskandar Muda No.41, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 12240

 

Email

pelaporanwbs@sfin.co.id